Proses pembangunan gapura pintu masuk Kampung panca mulia

Proses Pembangunan Gapura Pintu Masuk Kampung Panca Mulia.

pancamulya.desa.id, (23/04/2018) – Panca Mulia : Dalam bidang arsitektur gapura sering disebut dengan entrance, yang memang diartikan sebagai pintu masuk atau pintu gerbang dalam bahasa Indonesia. Namun entrance itu sendiri tidak bisa diartikan sebagai gapura. Gapura juga dapat dijadikan sebagai simbol, dimana simbol  yang dimaksudkan disini bisa juga diartikan sebuah ikon suatu wilayah atau area. Secara hirarki sebuah gapura bisa disebut sebagai ikon karena gapura itu sendiri lebih sering menjadi komponen pertama yang dilihat ketika kita memasuki suatu wilayah.

Gapura bukan semata-mata bangunan fisik yang diartikan sebagai pintu gerbang, tanda bataskota, kabupaten, desa atau kampung. Menurut tradisi, gapura merupakan wujud ungkapan selamat datang yang familiar, semanak, welcome. Gapura mewakili keramahan dan rasa hormat tuan rumah kepada setiap orang atau tamu yang datang.

Proses Pembangunan Gapura Pintu Masuk Kampung Panca Mulia

Untuk itu Kampung Panca Mulia membangun Gapura pintu masuk,  mengingat Kampung Panca Mulia belum memiliki gapura pintu masuk. Ini merupakan keinginan Kepala Kampung Panca Mulia Bapak Suyitno, Kampung Panca Mulia harus memiliki gapura pintu masuk, agar Kampung Panca Mulia lebih mudah dikenal oleh masyarakat luar atau tamu yang kebetulan melewati Kampung Panca Mulia. Pembangunan gapura pintu masuk ini bersumber dari swadaya masyarakat dan pihak ketiga yang tidak mengikat, kata Bapak Suyitno saat di temui di Kantornya.

Proses Pembangunan Gapura Pintu Masuk Kampung Panca Mulia

Maksud dari pembangunan gapura ini adalah mendirikan suatu struktur yang dapat menjadi simbol bagi Kampung Panca Mulia, sehingga dapat menjadi ciri khas yang menggambarkan keramahan dan rasa hormat masyarakat Kampung Panca Mulia terhadap masyarakat luar atau tamu yang datang.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.