Posyandu ibu hamil kampung panca mulia

Kegiatan Posyandu Ibu Hamil Kampung Panca Mulia, 17/04/2018. (Foto: Arin)

pancamulya.desa.id, (17/04/2018) – Panca Mulia : Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dilaksanakan oleh, dari, dan bersama masyarakat. Posyandu bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita. Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di masyarakat, termasuk kader. Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Hari Senin, 17 April 2018 Kader Posyandu Kampung Panca Mulia Kecamatan Banjar Baru di dampingi oleh Bidan Desa Arin Ayu Lestari A.Md.Keb menyelenggarakan Posyandu Ibu Hamil (Bumil) untuk bulan April. Posyandu Ibu Hamil ini dilaksanakan di gedung Posyandu Melati I, dimana kegiatan ini dilakukan rutin setiap bulannya.

Kegiatan Posyandu Ibu Hamil Kampung Panca Mulia, di gedung Posyandu Melati I. 17/04/2018. (Foto: Arin)

Pentingnya kegiatan Posyandu Ibu hamil atau lebih di kenal dengan sebutan Bumil ini untuk mengetahui jumlah ibu hamil yang ada di Kampung Panca Mulia Kecamatan Banjar Baru agar dapat memantau Kesehatan Ibu hamil dan Janin yang ada di kandungannya, kegiatan ini juga sesuai dengan program Pemerintah, supaya bisa menurunkan angka kematian Ibu dan Bayinya. Untuk Ibu hamil di Kampung Panca Mulia Kecamatan Banjar Baru bulan April 2018 sebanyak 20 Orang, dengan usia kandungan yang variatif mulai dari 1 Bulan hingga 9 Bulan.

Untuk mencegah kehamilan beresiko tinggi diantaranya adalah dengan memeriksakan kehamilan sedini mungkin dan teratur ke Posyandu, Puskesmas, Klinik atau Rumah Sakit, paling sedikit 4 kali selama masa kehamilan. Dengan mendapatkan imunisasi TT 2X. Bila ditemukan kelainan risiko tinggi pemeriksaan harus lebih sering dan lebih intensif. Makan makanan yang bergizi yaitu memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Oleh karena itu diharapkan bagi ibu-ibu hamil harus tahu tanda-tanda kehamilan resiko tinggi, jika ada tanda-tanda tersebut segera ke Posyandu, Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat. Semua itu bertujuan agar bayi yang di kandung dan ibunya tetap sehat.

Asupan makanan bagi ibu hamil juga berpengaruh pada tumbuh kembangnya janin maka dari itu ibu hamil harus tahu dan paham makanan apa saja yang baik dikomsumsi agar kebutuhan asupan nutrisi lengkap dapat diperoleh setiap hari oleh janin dan juga untuk mempersiapkan prosuksi Asi. Mengkomsumsi asupan sehat seperti buah- buahan, sayuran, ikan, kacang-kacangan, air dan vitamin serta susu ibu hamil, itu penting.

Kegiatan Posyandu Ibu Hamil Kampung Panca Mulia, 17/04/2018. (Foto: Arin)

Dengan pengetahuan tersebut diharapkan ibu akan termotivasi kuat untuk menjaga diri dan kehamilanya dengan menaati nasehat yang diberikan tenaga kesehatan, sehingga ibu dapat melewati masa kehamilannya dengan baik dan menghasilkan bayi yang sehat. (Ngudi/PM)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.