Pentingnya posyandu untuk kesehatan ibu hamil

Ibu Hamil mendapatkan PMT berupa sayuran, susu, dll. (12/01/2019). Foto : Arin

pancamulya.desa.id, (12/1/2019) – Panca Mulia : Posyandu atau Pos Layanan Terpadu merupakan sebuah program pemerintah yang berkenaan dengan masalah kesehatan masyarakat terutama kesehatan ibu dan balita. Program ini bersifat dari masyatakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat sehingga Posyandu umumnya dilakukan di setiap Kampung oleh kader-kader kesehatan Kampung dengan bimbingan tenaga ahli dari dinas kesehatan.

Pemeriksaan kehamilan dengan rutin merupakan suatu hal yang penting dilakukan oleh ibu yang sedang hamil agar mereka dapat mejalankan kehamilannya dengan normal dan janin yang di kandungnya dalam keadaan baik. Maka perluhnya pengawasan dan pendidikan agar ibu hamil mendapatkan informasi tentang hal – hal yang harus dilakukan seorang ibu hamil agar janinnya tetap sehat dan terjadi kelahiran normal bagi bayi.

Bidan Desa Arin Ayu Lestari A.Md.Keb sedang melakukan pemeriksaan rutin ibu hamil. (12/01/2019) Foto : Arin

Hari Sabtu, 12 Januari 2019 Kader Posyandu Kampung Panca Mulia Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang di dampingi oleh Bidan Desa Arin Ayu Lestari A.Md.Keb menyelenggarakan Posyandu Ibu Hamil (Bumil) untuk bulan Januari. Posyandu Ibu Hamil ini dilaksanakan di gedung Poskesdes Kampung Panca Mulia, dimana kegiatan ini dilakukan rutin setiap bulannya.

Kegiatan Kelas Ibu Hamil di Posyandu Ibu Hamil Kampung Panca Mulia. (12/01/2019). Foto : Arin

Selain Pemeriksaan Rutin kepada ibu hamil terdapat juga kelas ibu hamil di posyandu ibu hamil kali ini. Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu ( menjelang persalinan ).

Tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos / kepercayaan / adat istiadat setempat, penyakit menular seksual dan akte kelahiran.

Kegiatan Posyandu Ibu Hamil Kampung Panca Mulia. (12/01/2019). Foto : Arin

Pemeriksaan kehamilan yang dilakukan secara teratur dapat menurunkan angka kecacatan daan kematian baik ibu maupun janin. Sebagian dari ibu hamil tidak pernah memeriksakan kehamilannya karena berbagai alasan. Maka dari itu penyuluhan bagi ibu hamil sangat diperluhkan untuk memberikan pengetahuan mengenai kehamilan.

Dengan pengetahuan tersebut diharapkan ibu akan termotivasi kuat untuk menjaga diri dan kehamilanya dengan menaati nasehat yang diberikan tenaga kesehatan, sehingga ibu dapat melewati masa kehamilannya dengan baik dan menghasilkan bayi yang sehat. (Ngudi)