Pentingnya kita tahu golongan darah

Kegiatan Cek Golongan Darah Gratis Kampung Panca Mulia (02/10) Foto : Ngudi

pancamulya.desa.id, (04/10/2018) – Panca Mulia : Golongan darah merupakan label khusus darah dari setiap individu. Perbedaan golongan darah ini disebabkan karena jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membrane sel darah merah yang berbeda. Penentuan golongan darah tergantung dari jumlah zat (antigen) yang terkantung dalam sel darah merah.

Pemerintah Kampung Panca Mulia Kecamatan Banjar Baru Kab. Tulang Bawang bekerja sama dengan Puskesmas Banjar Baru menggelar cek golongan darah gratis, Selasa (02/10) kemarin di mulai dari pukul 13.00 di Balai Kampung Panca Mulia. Turut Hadir Dalam Acara tersebut Arianto, S.STP Camat Banjar Baru dan Tenaga Medis dari Puskesmas Banjar Baru, serta ratusan warga Kampung Panca Mulia.

Kepala Kampung Panca Mulia Suyitno (batik coklat) sedang menyampaikan sambutan saat acara cek golongan darah gratis. (02/10) Foto : Ngudi

Dalam sambutannya Suyitno mengatakan, Berterima kasih dengan panitia penyelenggara dan juga tenaga medis dari Puskesmas Banjar Baru sehingga acara ini bisa berjalan dengan lancar dan juga tak lupa berterima kasih dengan warga kampung Panca Mulia yang sangat antusias dengan program ini.

Golongan darah wajib kita ketahui, karena dapat mencegah risiko kesehatan, membantu orang dalam keadaan darurat, serta dalam pengambilan keputusan penting. Untuk Kampung Panca Mulia sendiri warganya masih banyak yang belum mengetahui golongan darahnya, untuk itu Pemerintah Kampung Panca Mulia menyenggarakan cek golongan darah gratis bekerja sama dengan Puskesmas Banjar Baru, ucapnya.

Warga sedang menganti di meja pendaftaran untuk mendapatkan kartu. Foto : Ngudi

Lebih Lanjut Suyitno mengatakan Tidak ada yang menginginkan mendapat kejadian kecelakaan hingga menjalani operasi. Namun, ketika kejadian yang tidak diinginkan ini menimpa kita, maka golongan darah adalah hal yang penting untuk diketahui. Transfusi darah, misalnya. Jika pihak rumah sakit mengetahui golongan darah kita pada kartu identitas, maka kita akan dengan segera mendapatkan bantuan darah yang sesuai, tutupnya.

Warga Sedang Menunggu giliran sesuai nomor pendaftaran untuk melakukan cek golongan darah. Foto : Ngudi

Salah Satu warga sedang cek golongan darah gratis. Foto : Ngudi

Pemeriksaan golongan darah ini didasarkan kepada kombinasi kandungan antigen dan antibodi spesifik yang berada di dalam sel darah, yang diturunkan melalui gen dari orang tua.

Untuk sistem ABO, antigen terdapat di permukaan sel darah merah dan antibodi terdapat dalam plasma darah, yaitu bagian darah yang berbentuk cairan berwarna kuning. Sistem ini membagi golongan darah menjadi 4, yaitu:

  • Golongan darah A, memiliki kombinasi antigen A dan antibodi B.
  • Golongan darah B, memiliki kombinasi antigen B dan antibodi A.
  • Golongan darah AB, memiliki antigen A dan B, tetapi tidak memiliki antibodi A dan B.
  • Golongan darah O, memiliki antibodi A dan B, tetapi tidak memiliki antigen A maupun B

Kegiatan Golongan darah gratis yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kampung  Panca Mulia ini mendapat antusias yang luar biasa, target 300 orang dalam acara ini bisa terpenuhi dalam waktu yang relatif singkat. (Ngudi)






Facebook Comments