Penginputan Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OMSPAN) Tahun 2017

Penginputan Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OMSPAN) Tahun 2017 di DPMK/K Kabupaten Tulang Bawang. Dokumentasi pancamulya.desa.id | Foto : Ngudi

pancamulya.desa.id, (19/01/2018) – Panca Mulia : Hari ini Jum’at, 19 Januari 2018 para Operator Kampung di wajibkan datang ke Kantor DPMK/K Kabupaten Tulang Bawang untuk melakukan penginputan Realisasi Dana Desa 2017 di aplikasi OM SPAN (Online Monitoring SPAN), Kebetulan jadwal  penginputan Realisasi Dana Desa 2017 hari ini meliputi 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Banjar Agung (11 Kampung), Kecamatan Banjar Baru (10 Kampung) dan Kecamatan Menggala Timur (10 Kampung). Penginputan Realisasi Dana Desa 2017 ini juga menjadi salah satu syarat untuk pencairan Dana Desa Tahap I (20%) Tahun Anggaran 2018.

Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) adalah sebuah sistem yang dirancang dengan mengintegrasikan proses penganggaran, pelaksanaan dan pelaporan keuangan Negara sehingga diperoleh laporan keuangan akurat yang melalui proses akuntabel dan transparan. SPAN direncanakan akan menggantikan seluruh sistem yang digunakan untuk mendukung pengelolaan Keuangan Negara dalam lingkup Ditjen Perbendaharaan dan Ditjen Anggaran. Namun demikian, Satker yang terkait erat dengan proses pengelolaan keuangan tersebut tidak termasuk dalam ruang lingkup pekerjaan pengembangan SPAN.

Para Operator Kampung Tampak serius melakukan penginputan Realisasi DD Tahun Anggaran 2017. Dokumentasi pancamulya.desa.id | Foto : Ngudi

OM SPAN (online monitoring SPAN) adalah Aplikasi berbasis WEB yang dapat diakses melalui jaringan Intranet dan Internet yang digunakan untuk melakukan monitoring transaksi SPAN dan menyajikan reporting sesuai kebutuhan. Aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara yang biasa disebut Aplikasi OM SPAN adalah aplikasi yang digunakan dalam rangka memonitoring transaksi dalam SPAN dan menyajikan informasi sesuai kebutuhan yang diakses melalui Jaringan Berbasis Web.

Operator Kampung Mekar Jaya Kec. Banjar Baru Sdr. Fendi sedang memberi arahan penginputan OM SPAN kepada Operator Kampung Karya Murni Jaya Kec. Banjar Baru Sdr. Udin. Dokumentasi pancamulya.desa.id | Foto : Ngudi

Kewenangan dalam aplikasi terdiri dari kewenangan KPPN, Kanwil, kantor Pusat dan Satuan Kerja. Pengajuan user dan password untuk kewenangan satuan kerja dilakukan melalui KPPN, sedangkan untuk kewenangan lainnya dilakukan dengan mengirimkan user serta password ke pengguna. Sebagai Administrator Aplikasi Om SPAN dilaksanakan oleh Direktorat Transformasi Perbendaharaan.  Aplikasi OM SPAN dapat diakses melalui alamat http://spanint.kemenkeu.go.id.

Diharapkan dengan aplikasi yang dibangun berbasis web ini, pengguna dapat melakukan monitoring secara mandiri dan informasi yang disajikan pun akurat karena data aplikasi OM SPAN berasal dari database Aplikasi SPAN.

(ANP)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan