Pembentukan Kepengurusan LPM dan Karang Taruna Kampung Panca Mulia

Kegiatan Pembentukan Kepengurusan LPM dan Karang Taruna Periode 2018-2021. Dokumentasi pancamulya.desa.id | Foto : Ngudi

pancamulya.desa.id, (27/01/2018) – Panca Mulia : Pemerintahan Kampung Panca Mulia Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang telah melaksanakan pembentukan Kepengurusan LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) dan Kepengurusan Karang Taruna untuk periode 2018 s.d 2021 dimana kepengurusan sebelumnya telah habis masa jabatannya. Hadir dalam acara ini, Kepala Kampung Panca Mulia Beserta Kaur dan Kasi, BPK dan Anggota, Seluruh Ketua RK di  wilayah Kampung Panca Mulia, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta kepengurusan LPM dan Karang Taruna periode sebelumnya.

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) adalah Lembaga Kemasyarakatan yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat, merupakan wahana partisipasi dan aspirasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan yang bertumpu pada masyarakat. Tugas dari LPM diantara Menyusun rencana pembangunan yang berpartisipatif, Menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat, Melaksanakan pengedalian pembangunan dan lain-lain.

Suasana Kegiatan pembentukan kepengurusan LPM dan Karang Taruna. Dokumentasi pancamulya.desa.id | Foto : Ngudi

Karang Taruna adalah Organisasi Sosial wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/ kelurahan dan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial. Karang Taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, ketrampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian.

Kepala Kampung Panca Mulia Bapak Suyitno (2 Dari Kanan) sedang menyampaikan sambutan dalam acara pembentukan kepengurusan LPM dan Karang Taruna. Dokumentasi pancamulya.desa.id | Foto : Ngudi

Dalam sambutannya beliau berterima kasih kepada semua lapisan masyarakat dan kepengurusan LPM dan Karang Tarunaserta  Ketua BPK dan Anggota juga yang sudah hadir dalam kegiatan ini. Kenapa perlu di bentuk pengerusan yang baru karena kepengurusan yang lama sudah habis masa jabatannya makanya perlu di bentuk lagi kepengurusan yang baru. Mengingat LPM ini merupakan mitra  Kerja Pemerintahan Kampung yang berfungsi yaitu Penanaman dan pemupukan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat Kampung Panca Mulia, Sebagai wadah partisipasi masyarakat dalam perencanaan pelaksanaan dan pengendalian pembangunan Kampung, Menggali serta memanfaatkan potensi dan menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat untuk pembangunan dan sebagai media komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah Kampung dan antar masyarakat itu sendiri. Jelas Kepala Kampung Panca Mulia Bapak Suyitno.

Suasana Kegiatan pembentukan kepengurusan LPM dan Karang Taruna. Dokumentasi pancamulya.desa.id | Foto : Ngudi

Lebih Lanjut Bapak Suyitno juga Mengatakan  Setiap Karang Taruna mempunyai tugas pokok secara bersama-sama dengan Pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.

Kasi Pemrintahan Bapak Agung (Kiri) dan Kasi Pelayanan Dan Kesejahteraan Bapak Maman Rukmana (Tengah). dalam acara pembentukan kepengurusan LPM dan Karang Taruna. Dokumentasi pancamulya.desa.id | Foto : Ngudi

Setelah dilalui rangkaian pembentukan Kepengurusan LPM dan Karang Taruna Periode 2018-2021 telah di sepakati nama-nama yang di usulkan oleh ketua RK masing-masing mulai dari RK 01 sampa dengan RK 05. Setelah nama-nama tersebut di tetapkan sebagai pengurus LPM dan Karang Taruna Periode 2018-2021 maka diharapkan dapat bekerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing sehingga roda pemerintahan Kampung Panca Mulia ini akan berjalan dengan baik.

(Ngudi/ANP)

Facebook Comments