Pembentukan jalan produksi kampung panca mulia

Proses pembentukan Jalan Produksi Kampung Panca Mulia menggunakan alat berat. (Foto : Asep)

pancamulya.desa.id, (09/03/2018) – Panca Mulia : Program pembentukan badan jalan produksi Kampung Panca Mulia Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang sepanjang ± 6,4 KM dan lebar 10 M sudah di mulai sejak hari Selasa (05/03/2018). Dimana program ini sudah dinanti sejak lama oleh masyarakat Kampung Panca Mulia.

Jalan Produksi merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan rakyat, dan peternakan) untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian, dan mengangkut hasil produk pertanian dari lahan menuju tempat penyimpanan, tempat pengolahan, atau pasar.  Sebagian besar jalan produksi ini masih berupa tanah atau berlapis kerikil, namun di beberapa tempat sudah ada jalan usaha tani yang beraspal.

Proses pembentukan Jalan Produksi Kampung Panca Mulia sepanjang 6,4 KM menggunakan alat berat. (Foto : Asep)

Untuk Kampung Panca Mulia Kecamatan Banjar Baru ini Jalan produksi pada awal transmigrasi tahun 1979 sudah ada dalam peta namun bentuk jalan produksi tersebut belum ada. Melalui program Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tulang Bawang ini baru saja merealisasikan pembentukan jalan produksi untuk kampung panca mulia sepanjang ± 6,4 KM dan lebar 10 M. Medan yang di lalui oleh jalan produksi ini sangat ekstrim, melewati beberapa sungai dan rawa. Jalan Produksi  sepanjang ± 6,4 KM itu nantinya recananya akan dibangun jembatan 3 unit ukuran 4×6 Meter dan Gorong-gorong 4 titik, agar jalan tersebut bisa dilalui dan di manfaatkan oleh masyarakat Kampung Panca Mulia dan masyarakat sekitar Kampung tersebut.

Sekretaris Kampung Asep Imanudin, SH sedang meninjau pekerjaan pembentukan jalan produksi Kampung Panca Mulia. ( Foto : Asep)

Program pembentukan badan jalan produksi sepanjang ± 6,4 KM, semoga menjadikan manfaat untuk masyarakat kampung panca mulia kecamatan  Banjar Baru kabupaten Tulang Bawang dalam meningkatkan kesejahtraan para petani untuk mengeluarkan hasil panen, terimakasih Dinas PU Kabupaten Tulang Bawang telah merealisakan program tersebut. ucap Sekretaris Kampung Asep Imanudin, SH.

 

(Ngudi/PM)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan