Pekarangan rumah disulap menjadi kebun sayuran

Pekarangan Rumah Bapak Asep Imanudin, SH. di tanemi sayuran jenis Brokoli. (Foto : Asep)

pancamulya.desa.id, (10/03/2018) – Panca Mulia : Adalah Bapak Asep Imanudin, SH warga Kampung Panca Mulia Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang menyulap pekarangan rumahnya menjadi kebun sayuran. Pekarangan rumah yang kosong dimanfaatkan untuk menanam sayuran, Jenis Brokoli atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kembang Kol, Cabe, Kangkung dan berbagai macam jenis sayuran.

Bunga kol atau yang sering dikenal sebagai brokoli ini merupakan tumbuhan yang termasuk ke dalam family brassicaceae atau cruciferus. Jika selama ini kita melihat kembang kol atau brokoli hanya berwarna putih, namun ternyata bunga kol terdapat beberapa warna lainnya yaitu warna hijau, ungu, oranye dan romanesco. Bunga kol memiliki kandungan yang sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan di antaranya kaya akan nutrisi fitonutrient seperti indol-3-karbinol, sulforaphane dan lain-lain yang memiliki khasiat dalam mencegah berbagai kanker, seperti kanker prostat, ovarian dan serviks.

Asep Imanudin, SH dengan sayuran jenis Brokoli di belakang rumahnya. ( Foto : Asep)

Selain itu, seperti yang telah disebutkan di atas bunga kol banyak sekali mengandung nutrisi, tapi bunga kol juga kaya akan gizi. Ada banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh yang dapat ditemukan di bunga kol. Dalam satu buah bunga kol terkandung energi, karbohidrat  vitamin B9 (folat), protein, vitamin A, kalsium dan kalium yang baik untuk tubuh.

Selain sayuran Jenis Brokoli, Bapak Asep Imanudin, SH juga menanam cabe, kangkung, jagung, daun bawang, dan beberapa jenis sayuran lainnya. pekarangan Rumah ini benar-benar disulap menjadi kebun sayuran, karena berbagai jenis sayuran tumbuh disana. Bukan hanya sayuran pekarangan tersubut juga dimanfaatkan untuk kolam ikan.

Tanaman Cabe di pekarangan rumah Bapak Asep Imanudin,SH. (Foto : Asep)

Kolam Ikan Milik Bapak Asep Imanudin, SH . (Foto : Asep)

Daripada pekarangan rumah kosong, saya manfaatkan untuk sayuran dan kolam ikan. itu akan lebih bermanfaat dan akan mengasilkan uang, jelas Bapak Asep Imanudin, SH.

 

(Ngudi/PM)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.