Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2018

Musrenbang Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2018 (22/2). Foto : Asep

pancamulya.desa.id, (22/02/2018, – Panca Mulia : Pada hari  Kamis 22/02/2018 dilaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang. Musrenbang ini dilaksanakan di aula Kecamatan Banjar Baru yang dipimpin oleh Camat Banjar Baru  Bapak Arianto, S.STP dan diikuti oleh sepuluh Kepala Kampung se-Kecamatan Banjar Baru yang mengikutsertakan aparatur Kampung, BPK, PKK, dan Tokoh Masyarakat serta dihadiri pula oleh Bappeda Litbang Kabupaten Tulang Bawang, Dinas PU, Dinas Pertanian, dan DPMK/K.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang kelurahan/desa, serta menyepakati rencana kegiatan lintas kelurahan/desa di kecamatan yang bersangkutan. Masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada SKPD yang berwewenang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah pada tahun berikutnya. Musrenbang kecamatan dilakukan setiap tahun pada bulan Februari dengan luaran berupa Dokumen Rencana Pembangunan Kecamatan serta masukan untuk Rencana Kerja SKPD Kecamatan.

Kegiatan Musrenbang Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang (22/2). Foto : Asep

Tampak seluruh peserta mendengarkan Pemaparan yang disampaikan oleh Camat Banjar Baru di acara Musrenbang Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang (22/2). Foto : Asep

Kegiatan Musrenbang Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang (22/2). Foto : Asep

Dilihat dari daftar urutan usulan kegiatan prioritas kecamatan Banjar Baru menurut Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bahwa pembangunan infrastruktur masih mendominasi untuk tahun anggaran 2019. Diantara daftar usulan itu adalah Pembangunan Puskesmas Rawat Inap, Pagar Kantor Kecamatan, Penyelesaian Tapal Batas Antar Kampung Antar Kabupaten, Peningkatan jalan sampai dengan Hotmix Antar Kampung antar Kecamatan (Jalan Kabupaten), Pembentukan dan Normalisasi Badan Jalan Produksi, Pembangunan Jembatan, Pembangunan Kanal, Pembangunan Drainase (Jalan Kabupaten), Peningkatan Jalan Sampai dengan Onderlagh jalan produksi, Pembangunan Pagar Kantor BP3K, Pembangunan Tribun Olahraga, dan Pembangunan Pasar Kampung Permanen. Itulah beberapa daftar usulan yang dihasilkan dari Musrenbang Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang.

Kegiatan Musrenbang Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang (22/2). Foto : Asep

Dengan dilaksanakan musrenbang di kecamatan Banjar Baru kali ini diharapkan bisa menampung aspirasi masyarakat dari sepuluh kampung se-Kecamatan Banjar Baru, yang akan mengajukan usulan prioritas untuk kegiatan pembangunan di tahun 2019. Diharapkan usulan yang sudah dituangkan dalam berita acara hasil keputusan musrenbang kecamatan, bisa direalisasikan di tahun anggaran 2019, Sehingga masyarakat di Kecamatan Banjar Baru benar-benar dapat merasakan hasilnya dan hidup aman, adil dan sejahtera.

 

(Ngudi/PM)

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan