Musyawarah pembentukan panitia dan kegiatan HUT RI ke-73

Sekretaris Kampung Panca Mulia, Asep Imanudin, SH sedang memberikan arahan tentang kegiatan untuk memperingati HUT RI ke-73. Foto : Ngudi

pancamulya.desa.id, (28/07/2018) – Panca Mulia : Dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kampung Panca Mulia Kecamatan Banjar Baru mengadakan musyawarah pembentuakan panitia dan menyiapkan berbagai jenis perlombaan untuk memeriahkan HUT RI yang ke-73, Sabtu, 28 Juli 2018 di Balai Kampung Panca Mulia. Dihadiri dari berbagai elemen masyarakat serta Aparatur Pemerintahan Kampung, dari RK/RT, BPK, LPMK, Karang Taruna, TP. PKK, Kader Posyandu, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Setiap tanggal 17 Agustus, kita bangsa Indonesia selalu memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Kegiatan ini dimaknai sebagai wujud penghargaan kita kepada para pahlawan yang telah berjuang merebut dan mempertahankan kesatuan negara Indonesia dari tangan penjajah. Banyak yang kita kerjakan untuk memperingati kemerdekaan ini. Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan mencerminkan sikap menghargai dan cinta tanah air.

Kepala Kampung Panca Mulia, Suyitno sedang menyampaikan sambutan. (28/07/2018). Foto : Ngudi

Dalam sambutannya Kepala Kampung Panca Mulia, Suyitno mengatakan “Sebagai generasi muda kita harus banyak mengerti tentang arti perjuangan merebut kemerdekaan. Memperingati hari kemerdekaan tidak hanya sebatas gembira dalam menyambutnya, tetapi ada makna yang terkandung didalamnya. Pertama adalah kita mendoakan arwah para pahlawan yang telah mendahului kita. Kedua, kita bisa mengenang jasa-jasa mereka yang telah berkorban merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Ketiga, yang terpenting adalah mereka bisa kita jadikan keteladanan dalam hidup berbangsa dan bernegara. Ibaratnya mereka adalah mercu suar yang ada ditengah lautan yang menjadi pedoman para nelayan untuk menentukan arah perjalanan.”

Peserta Musyawarah Pembentukan Panitia HUT RI. Foto : Ngudi

Peserta Musyawarah Pembentukan Panitia HUT RI. Foto : Ngudi

Dari Hasil Musyawarah Tersebut, di dapat beberapa kesimpulan diantaranya. Ketua Panitia Pelaksana Peringatan HUT RI ke-73 ini, Sdr. Arun Santiago dari Karang Taruna, Wakil Ketua Sdr. Sunyoto dari LPMK. Untuk Kegiatan Perlombaannya itu sendiri di terdiri dari Lomba Keindahan Lingkungan antar RK, Sepak Bola antar RK, Badminton Antar RK, lomba anak-anak, dan lain-lain. Selain lomba, peringatan HUT RI ini akan diisi oleh pentas seni Kuda Lumping untuk memeriahkan acara tersebut.

Semoga kegiatan ini bisa terlaksana setiap tahunnya dan bisa menjadikan ini sebagai salah satu kegiatan yang bisa meningkatkan semangat nasionalisme. (Ngudi)