Menjaga keamanan lingkungan dengan siskamling

Kepala Kampung Panca Mulia Bapak Suyitno ( Batik) dan Tim dari Kepolisian serta TNI sedang mengontrol kegiatan SISKAMLING di Kampung Panca Mulia (10/03). Foto : Asep

pancamulya.desa.id, (10/03/2018) – Panca Mulia : Menjaga keamanan lingkungan sangatlah penting untuk dilakukan. Meskipun pemerintah telah menjamin keamanan kita selaku warga negara, dengan mengerahkan aparat-aparat penegak hukum seperti polisi dan tentara, namun kita ketahui terdapat keterbatasan personil aparat dalam hal penjagaan pada setiap pelosok atau tempat yang sifatnya diluar pusat perkotaan. Maka, tetap kita sendirilah yang bertanggung jawab atas keamanan lingkungan kita masing-masing.

Di Indonesia, kita telah mengenal adanya program pengamanan oleh masyarakat yang sebenarnya sangat efektif jika dilaksanakan dengan baik. Program tersebut adalah sistem keamanan lingkungan atau yang biasa disingkat dengan SISKAMLING. Program tersebut diciptakan untuk mendukung upaya pemerintah dalam menjamin keamanan setiap warganya dari segala bentuk tindak kejahatan yang mungkin mengancam.

Kegiatan SISKAMLING di pos Rondaa RK 04 Kampung Panca Mulia. (Foto: Asep)

Lingkungan yang sehat, aman, dan nyaman adalah tempat yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk hidup. Oleh karena itu kita harus melaksanakan kewajiban-kewajiban kita selaku warga masyarakat terhadap lingkungan untuk menciptakan tempat tinggal seperti yang kita harapkan. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk menjamin keamanan lingkungan yakni dengan melaksanakan program kegiatan siskamling.

TIM dari Kepolisian dan TNI sedang meninjau kelengkapan dan kesiapan di Pos Ronda RK 03 Kampung Panca Mulia. (Foto: Asep)

Sebenarnya, siskamling memiliki manfaat yang jauh lebih besar daripada sekedar menciptakan lingkungan yang aman. Dengan siskamling, hubungan antar warga akan menjadi semakin erat, sehingga tidak lagi kita jumpai warga yang saling tidak kenal dengan tetangganya sendiri. Jika hubungan antar warga berjalan dengan baik, maka persoalan-persoalan di lingkungan pun akan dengan mudah diatasi, sehingga terciptalah kehidupan yang sehat, aman, dan nyaman di lingkungan tersebut.

Kepala Kampung Panca Mulia Bapak Suyitno ( Batik) dan Tim dari Kepolisian serta TNI sedang mengontrol kegiatan SISKAMLING di Kampung Panca Mulia (10/03). Foto : Asep

Keamanan adalah tugas bersama, baik masyarakat dan pemerintah. Pada prisipnya Siskamling hadir untuk secara langsung menjamin keamanan warga dan diupayakan oleh warga sendiri. Keamanan dari warga dan untuk warga. Menciptakan Kampung Panca Mulia Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang yang aman dan nyaman tentu impian warga Kampung Panca Mulia, maka dari itu ayo mulai jaga keamanan itu bersama-sama, mulai dari sekitar, mulai dari mengenali siapa tetangga kita, dengan begitu keamanan Kampung Panca Mulia pasti akan terwujud. Ujar Kepala Kampung Panca Mulia Bapak Suyitno kepada warga nya saat SISKAMLING.

 

(Ngudi/PM)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.