Kejar Tayang, Tim Penyusun Kebut Garap RPJMKam, RKPKam dan RAPBKam

Tim Penyusun Kebut Garap RPJMKam, RKPKam dan RAPBKam di Rumah Dinas Camat Banjar Baru. Dokumentasi pancamulya.desa.id | Foto : Ngudi

pancamulya.desa.id, (18/01/2018) – Panca Mulia : Tim Penyusun RPJMKam, RKPKam dan RAPBKam Kampung Panca Mulia beserta 9 Kampung lain di wilayah kecamatan Banjar Baru, melaksanakan pertemuan guna menyamakan persepsi tentang RPJMKam, RKPKam dan RAPBKam di wilayah Kecamatan Banjar Baru. 6 Kampung yang menyusun RPJMKam di Karenakan Kepala Kampung nya Baru, yaitu Kampung Panca Mulia, Kampung Jaya Makmur, Kampung Kahuripan Jaya, Kampung Bawang Sakti Jaya, Kampung Bawang Tirto Mulyo dan Kampung Balai Murni Jaya dan untuk Kampung 4 Kampung lain hanya menyusun RKPKam dan APBKam yaitu Kampung Panca Karsa Purna Jaya, Kampung Mekar Jaya, Kampung Mekar Indah Jaya, dan Kampung Karya Murni Jaya.

RPJMKam (Rencana Pembangunan Jangka Menengan Kampung) merupakan salah satu Dokumen Perencanaan Pembangunan Kampung untuk periode 6 Tahun sesuai dengan masa pemerintahan Kepala Kampung terpilih. RPJMKam merupakan keselarasan antara visi dan misi dari Kepala Kampung terpilih. Rancangan RPJM Kampung memuat visi dan misi Kepala Kampung, arah kebijakan pembangunan Kampung, serta rencana kegiatan yang meliputi bidang penyelenggaraan Pemerintahan Kampung, pelaksanaan pembangunan Kampung, pembinaan kemasyarakatan Kampung, dan pemberdayaan masyarakat Kampung.

Tim Penyusun dari Kampung Bawang Sakti Jaya dan Kampung Panca Karsa Purna Jaya. Dokumentasi pancamulya.desa.id | Foto : Ngudi

RKP (Rencana Kerja Pemerintah) adalah penjabaran dari RPJM Kampung untuk jangka waktu Satu Tahun. Daftar Usulan RKP adalah penjabaran RPJM Kampung yang menjadi bagian dari RKP Kampung untuk jangka waktu 1 (satu) tahun yang akan diusulkan Pemerintah Kampung kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota melalui mekanisme perencanaan pembangunan daerah. Anggaran pendapatan dan belanja Kampung (APBKam) adalah pertanggungjawaban dari pemegang manajemen desa untuk memberikan informasi tentang segala aktifitas dan kegiatan desa kepada masyarakat desa pemerintah atas pengelolaan dana desa dan pelaksanaan berupa rencana-rencana program yang dibiayai dengan uang desa. Dalam APBKam berisi pendapatan, belanja dan pembiayaan Kampung.

Canda tawa tim penyusun disela-sela penyusunan RKP dan RAPBKam. Dokumentasi pancamulya.desa.id | Foto : Ngudi

Pertemuan seperti ini sangat perlu dilakukan untuk penyamaan persepsi, kadang ada tim penyusun yang yang masih belum paham. dengan adanya pertemuan ini tim bisa menanyakan langsung kepada camat atau kepada tim lain yang lebih paham.

(Ngudi/ANP)

Facebook Comments