Kegiatan posyandu lansia kampung panca mulia bulan oktober

Kegiatan Posyandu Lansia. (09/10) Foto : Arin

pancamulya.desa.id, (10/10/2018) – Panca Mulia : Posyandu lansia merupakan suatu wadah untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pembinaan kepada kelompok usia lanjut di suatu wilayah dengan melibatkan peran serta aktif masyarakat melalui kader kesehatan dan kerjasama lintas program dan lintas sektor dalam rangka untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat pada umumnya dan kususnya kelompok usia lanjut

Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya. Posyandu lansia merupakan suatu fasilitas pelayanan kesehatan yang berada di desa-desa yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya bagi warga yang sudah berusia lanjut.

Bidan Desa Arin Ayu Lestari, Amd. Keb. sedang memeriksa Lansia. (09/10). Foto : Arin

Kader Posyandu dan Bidan Desa Kampung Panca Mulia hari Selasa (09/010), Melaksanakan Posyandu Lansia di Balai Kampung Panca Mulia Kecamatan Banjar Baru. Dimana Kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap bulannya. Para Lansia yang hadir di posyandu tersebut sebanyak 24 Orang, dimana masih banyak para lansia yang ada di Kampung Panca Mulia Kecamatan Banjar Baru yang tidak hadir dalam posyandu tersebut.

Pemberian Makanan Tambahan kepada Lansia. (09/10). Foto : Arin

Kegiatan Posyandu Lansia ini meliputi, pelayanan kesehatan, pemberian makanan tambahan, kegiatan olahraga (senam dan gerak jalan).

Senam Lansia adalah satu bentuk latihan fisik yang memberikan pengaruh baik terhadap tingkat kemampuan fisik manusia, bila dilaksanakan dengan baik dan benar. Senam atau latihan fisik sering diidentifikasi sebagai suatu kegiatan yang meliputi aktifitas fisik yang teratur dalam jangka waktu dan intensitas tertentu. Senam merupakan bagian dari usaha menjaga kebugaran termasuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, dan sebagai bagian dari program retabilitas bagi mereka yang telah menderita.

Para Lansia sedang melakukan senam Lansia. (09/10) Foto : Arin

Kelompok usia lansia merupakan golongan orang yang memerlukan perhatian khusus dari keluarga dan lingkungan. Kebanyakan dari mereka secara tidak sadar, tidak mampu memenuhi sendiri kebutuhan akan kesehatannya. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki orangtua maupun kakek/nenek, ataupun lansia di sekitar tempat tinggal Anda, hendaknya mengajak atau menghimbau mereka agar mau datang ke posyandu lansia setiap bulan. Dengan demikian, status kesehatan mereka dapat terpantau. (Ngudi)

Facebook Comments