Kegiatan Posyandu Ibu Hamil Kampung Panca Mulia

Kegiatan Posyandu Ibu Hamil Kampung Panca Mulia. (16/01/2018). Dokumentasi pancamulya.desa.id | Foto : Arin

pancamulya.desa.id, (16/01/2018) – Panca Mulia : Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dilaksanakan oleh, dari, dan bersama masyarakat. Posyandu bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita. Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah saja, namun semua komponen yang ada di masyarakat, termasuk kader. Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Hari ini Selasa, 16 Januari 2018 Kader Kesehatan di dampingi oleh Bidan desa menyelenggarakan Posyandu Ibu Hamil, dimana kegiatan ini dilakukan rutin setiap bulannya. Pentingnya kegiatan Posyandu Ibu hamil atau lebih di kenal dengan sebutan Bumil ini untuk mengetahui jumlah ibu hamil agar dapat memantau Kesehatan Ibu hamil dan Janin yang ada di kandungannya, kegiatan ini juga sesuia dg program Pemerintah, supaya bisa menurankan angka kematian Ibu dan Bayinya. Kegiatan posyandu Ibu Hamil Kali ini melakukan beberapa pemeriksaan, diantaranya Pemeriksaan Darah,  HIV, dan Hepatitis B.

Tampak salah satu Bumil sedang di periksa oleh kader Kesehatan dalam Kegiatan Posyandu Ibu Hamil Kampung Panca Mulia. Dokumentasi pancamulya.desa.id | Foto : Arin

 

Kader Kesehatan sedang mencatat data kesehatan Bumil Kegiatan Posyandu Ibu Hamil Kampung Panca Mulia. Dokumentasi pancamulya.desa.id | Foto : Arin

 

Keberhasilan pengelolaan Posyandu memerlukan dukungan yang kuat dari berbagai pihak, baik dukungan moril, materil, maupun finansial. Selain itu diperlukan adanya kerjasama, tekanan dan pengabdian para pengelolanya termasuk kader. Apabila kegiatan Posyandu terselenggara dengan baik akan memberikan kontribusi yang besar, dalam menurunkan angka kematian ibu, bayi, dan anak balita.

(Ngudi/ANP)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan