Kegiatan posyandu balita bulan juli kampung panca mulia

Bidan Elya sedang Sosialisasi Measles Rubella (MR) di Pos Melati II . Foto : Bd Arin

pancamulya.desa.id, (12/07/2018) – Panca Mulia : Hari Kamis, 12 Juli 2018 di Kampung Panca Mulia Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang melalui kader posyandu melaksanakan kegiatan rutin, yaitu Posyandu bayi dan anak balita di gedung posyandu melati II di RK 02 dan di gedung posyandu Melati I di RK 03, mengingat Kampung Panca Mulia memiliki 2 Gedung Posyandu. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang di adakan setiap bulannya.

Kegiatan Posyandu Balita di Bulan Juli 2018, dengan Bidan Arin. Foto : Bd Arin

Selain Kegiatan rutin posyandu balita yaitu imunisasi selain itu  juga ada kegiatan Sosialisasi Measles Rubella (MR)  dan Penyuluhan Gizi Balita. Dengan Narasumber Bidan Elya untuk Sosialisasi Measles Rubella (MR) dan Bidan Marwiyah Penyuluhan Gizi Balita.

Bidan Elya sedang Sosialisasi Measles Rubella (MR) di Pos Melati I . Foto : Bd Arin

Penyakit Campak dan Rubella merupakan dua penyakit yang sangat mungkin dialami oleh bayi dan anak-anak. Sebagaimana diketahui, hingga saat ini tidak ada pengobatan untuk kedua penyakit tersebut. Akan tetapi sudah ditemukan cara untuk mencegahnya, yakni dengan memberikan vaksin MR.

Apa itu imunisasi measles? Imunisasi measles tidak lain adalah pemberian vaksin Measles Rubella kepada anak sebagai perlindungan teradap penyakit Campak dan Rubella. Dimana Vaksin MR merupakan kombinasi vaksin Campak atau Measles (M) dan Rubella (R) berfungsi untuk melindungi anak dari penyakit Campak dan Rubella. Imunisasi MR diberikan pada anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun, Jelas Bidan Elya.

Bidan Elya sedang Sosialisasi Measles Rubella (MR) di Pos Melati II . Foto : Bd Arin

Indonesia berkomitmen untuk mengeliminasi campak dan mengendalikan rubella pada tahun 2020. Melihat pentingnya vaksin MR untuk anak-anak Indonesia, pemerintah pun menghadirkan program Pencanangan Kampanye Tingkat Nasional dan Introduksi Measles Rubella. Di bagi menjadi dua fase, pada Agustus-September 2017 ini kampanye dan pemberian vaksin MR dilakukan di seluruh Jawa. Adapun pada fase kedua yakni Agustus- September 2018, vaksin MR akan diberikan untuk anak-anak di seluruh Sumatera, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Setelah Sosialisasi Measles Rubella (MR) ini usai, dilanjutkan dengan kegiatan Penyuluhan Gizi Balita.

Gizi adalah suatu zat yang berguna dan dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan. Pemenuhan gizi harus diperhatikan sedini mungkin yaitu sejak masih dalam kandungan melalui makanan ibu hamil. Dilanjutkan dengan pemenuhan gizi anak sampai lanjut usia dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.Manfaat gizi bagi kesehatan akan sangat baik dan memberikan banyak kegunaan bila sesuai dengan kebutuhan dan pemenuhan akan zat-zat gizi itu sendiri.

Bidan Marwiyah sedang Penyuluhan Gizi Balita di Pos Melati I . Foto : Bd Arin

Setiap harinya, anak membutuhkan gizi seimbang yang terdiri dari asupan karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Asupan kandungan gizi tersebut dapat diperoleh dari makanan yang dikonsumsi yang berguna untuk pertumbuhan otak (intelegensia) dan pertumbuhan fisik.

Kurangnya asupan gizi akan berdampak pada tubuh yang mengalami kekurangan manfaat gizi. Hal ini bukan tidak mungkin akan bisa berpengaruh terhadap kesehatan. Maka dari itu, mengetahui akan pentingnya kebutuhan gizi bagi kesehatan baik bagi tumbuh kembang anak ataupun untuk menjaga dan memelihara kesehatan. Bangsa ini bisa maju, tergantung bagaimana masa depan para generasi muda. Karena pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, Jelas Bidan Marwiyah.

Facebook Comments