Kegiatan Perdana Posyandu Lanjut Usia Kampung Panca Mulia bersama Mahasiswa/i KKN Unila 2020

Posyandu Lansia Kampung Panca Mulia menggelar kegiatan perdana posyandu lansia bersama mahasiswa/i KKN Unila 2020.

Panca Mulia – Posyandu Lansia Kampung Panca  Mulia  menggelar kegiatan perdana posyandu lansia bersama mahasiswa/i KKN Unila 2020. Kegiatan ini digelar Rabu (08/01/2020)  pagi bertempat di Balai Kampung Panca Mulia. Kegiatan-kegiatannya berupa pemeriksaan kesehatan, senam lansia, tanya jawab kelanjutusiaan, dan pemberian makanan tambahan.

Kader Kesehatan Kampung Panca Mulia di bantu oleh mahasiswa/i KKN Unila dalam pelaksanaan Posyandu Lansia tersebut, dimana kegiatan ini dilakukan rutin setiap bulannya. Dan di tahun 2020 ini merupakan kegiatan perdana Kader Kesehatan Kampung Panca Mulia.

Kegaiatan Posyandu Lansia (08/01/2020).

Untuk diketahui Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya.

Kegaiatan Posyandu Lansia (08/01/2020).

Untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan di Posyandu Lansia, dibutuhkan, sarana dan prasarana penunjang, yaitu: tempat kegiatan (gedung, ruangan atau tempat terbuka), meja dan kursi, alat tulis, buku pencatatan kegiatan, timbangan dewasa, meteran pengukuran tinggi badan, stetoskop, tensi meter, peralatan laboratorium sederhana, thermometer, Kartu Menuju Sehat (KMS) lansia.

Pelayanan Kesehatan di Posyandu lanjut usia meliputi pemeriksaan Kesehatan fisik dan mental emosional yang dicatat dan dipantau dengan Kartu Menuju Sehat (KMS) untuk mengetahui lebih awal penyakit yang diderita (deteksi dini) atau ancaman masalah kesehatan yang dihadapi. Kegiatan lain yang dapat dilakukan sesuai kebutuhan dan kondisi setempat seperti Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dengan memperhatikan aspek kesehatan dan gizi lanjut usia dan kegiatan olah raga seperti senam lanjut usia, gerak jalan santai untuk meningkatkan kebugaran. (Ngudi)