Inilah waktu jagung manis siap panen

Bapak Asep Imanudin, SH sedang meninjau kebun jagung manis miliknya yang baru berumur 45 hari. ( Foto : Asep)

pancamulya.desa.id, (10/03/2018) – Panca Mulia : Jagung Manis tak hanya nikmat untuk dijadikan kudapan atau camilan, namun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan kabarnya, jagung manis disebut sebagai salah satu makanan super karena dipenuhi oleh nutrisi dan vitamin. Mengonsumsi jagung manis bisa membantu Anda dalam banyak hal yang berkaitan dengan kesehatan tubuh dan otak. Di Indonesia jagung merupakan komoditi tanaman pangan penting, namun tingkat produksi belum optimal.

Pada budidaya jagung manis, hal yang paling ditunggu-tunggu oleh petani adalah saat panen tiba. Ini karena panen merupakan waktu penentuan apakah penanaman jagung manis tersebut berhasil atau tidak. Biasanya panen jagung manis lebih banyak mendapatkan keuntungan daripada kerugiannya. Panen jagung manis tergolong sangat cepat. Jangka waktunya sekitar dua bulan dari masa tanam. Dengan begitu, petani jagung manis tidak perlu menunggu lama untuk menikmati hasil tanamnya.

Kebun Jagung Manis seluas 1,5 Ha Milik Bapak Asep Imanudin, SH. yang berumur 45 Hari ( Foto : Asep)

Saat jagung manis sudah terlihat berbunga dan mulai melakukan pengisian biji, itu menjadi sebuah pertanda bahwa waktu pemanenan sebentar lagi. Oleh karena itu, para petani jagung manis sudah harus bersiap-siap untuk mempersiapkan segala sesuatu yang akan digunakan untuk melakukan pemanenan jagung manis. Pada umumnya pembungaan terlihat ketika tanaman telah memasuki umur sekitar 42 hari. Setelah pembungaan, barulah disusul dengan pengisian biji secara penuh. Pemanenan dapat dilakukan setelah tanaman memasuki usia 2 bulan atau 60 hari.

Bapak Asep Imanudin, SH sedang meninjau kebun jagung manis miliknya yang baru berumur 45 hari. ( Foto : Asep)

Panen jagung manis dilakukan setelah hari ke-63. Ini bertujuan agar biji jagung terisi penuh. Usahakan pemanenan jangan dilakukan lebih dari 67 hari. Ini karena dapat menyebabkan jagung manis menjadi tidak manis lagi. Selain itu, dapat terjadi perubahan warna dan bentuk dari tekstur jagung manis tersebut, Ucap Bapak Asep Imanudin, SH.

Pemanenan tidak mempengaruhi umur jagung manis. Pemanenan bisa dilakukan saat ujung tongkol dari jagung manis sudah terisi penuh. Selain itu, warna biji jagung manis sudah menjadi kuning. Tak hanya itu, untuk pemanenan baru bisa dilakukan saat rambut jagung manis berwarna coklat. Jika sifat ini hadir di jagung manis – tapi belum sampai panen, panen sudah bisa dilakukan, imbuhnya.

Kebun Jagung Manis Milik Bapak Asep Imanudin, SH. yang berumur 45 Hari. ( Foto : Asep)

Kebun Jagung Manis Milik Bapak Asep Imanudin, SH. ini terletak di Kampung Panca Mulia seluas 1,5 Ha, dan berumur 45 hari, di perkiraan siap di panen dalam 15 hari kedepan.

(Ngudi/PM)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan