Embung Peninggalan Transmigran 1979 Di Kampung Panca Mulia, Butuh Perhatian Pemerintah

Embung Kampung Panca Mulia yang Mulai Dangkal..

Panca Mulia (pancamulya.desa.id) – Para petani yang ada di Kampung Panca Mulia Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung, sangat berharap Pemerintah baik daerah dan pusat segera memperhatikan perbaikan embung RK 4 sebagai sumber pengairan lahan pertanian mereka.

Konon menurut Asep Imanudin,SH., embung RK 4 ini adalah peninggalan transmigran tahun 1979 yang terbengkalai. Pada tahun 2015 pernah dilaksanakan perbaikan oleh BPDAS Provinsi Lampung namun belum maksimal, hal ini dikatakan Asep Imanudin, SH, Selasa (24/9/19).

Kebun Cabai milik Asep Imanudin, SH. yang Pengairannya berasal dari embung tersebut.

Asep Imanudin, SH yang juga adalah ketua Kelompok Tani Karya Muda ini berharap, pihak pemerintah segera turun tangan untuk memperbaiki embung sekaligus membangun tresier/irigasi guna mengairi sawah seluas 50 hektar dan lahan pertanian hortikultura lainya.

“Saya atas nama petani Kampung Panca Mulia minta kiranya Pemda atau Pusat segera perbaiki embung ini. Tolong dikeruk agar tidak dangkal dan tolong bangunkan irigasi untuk mengalirkan air kesawah seluas 50 hektar dan lahan pertanian sayur- mayur, supaya petani bisa maksimal memanfaatkan lahan, saat ini lahan yang bisa dimanfaatkan cuma 16 hektar karna embung alami pendangkalan dan tidak ada irigasi,” terangnya.

Kebun Cabai milik Asep Imanudin, SH. yang airnya berasal dari embung tersebut.

Ketua Kelompok Tani yang memiliki gelar SH ini mengatakan, luas embung 100 meter dan panjang 250 meter, bila ada bantuan APBD atau ABPN dengan dana cukup warga akan bisa memanfaatkanya dengan maksimal.

Selain sumber pengairan pertanian, bisa jadi tempat wisata dan budidaya ikan keramba.