Diskominfotik Lampung Gelar Bimbingan Teknis Jurnalisme Warga

pancamulya.desa.id – Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) menggelar Bimbingan Teknis Jurnalisme Warga di Hotel Nusantara Bandar Lampung. Hari Senin s.d Selasa, 27 s.d 28 November 2017 untuk Kalangan aparatur Kecamatan se-provinsi Lampung dan untuk Hari Selasa s.d Rabu, 28 s.d 29 November 2017 dari warga masyarakat yang tergabung dalam unsur komunitas peduli pembangunan dalam dan kelompok sadar wisata.

 

Perserta Asal Kabupaten Tulang Bawang Foto bersama dengan Kepala Dinas Diskominfotik Provinsi Lampung Achmad Chrisna Putra (tengah berbatik cokelat) serta Redaktur Media Online Rilis.id Sukardjito (tengah baju hijau)

Dalam Bimtek Jurnalisme Warga ini angkatan pertama sebanyak 228 peserta di bagi dalam tiga kelas, yaitu kelas A, kelas B, dan Kelas C. Untuk Kecamatan Banjar Baru Kabupaten Tulang Bawang yang di Wakili Oleh saudara Ahmad Ngudi tergabung dalam kelas A dengan Pemateri Bapak Sukardjito Redaktur Media Online Rilis.id. Acara Bimtek Jurnalisme Warga di mulai pada pukul 08.00 WIB dan Selesai pada pukul 11.00 WIB.

 

Sukardjito Redaktur Media Online Rilis.id sedang menyampaikan materi tentang Jurnalisme Warga (Dokumentasi by pancamulya.desa.id)

Jurnalisme Warga (citizen journalism) adalah kegiatan partisipasi aktif yang dilakukan oleh masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita, atau bisa di sebut warga biasa menyampaikan sebuah informasi di berbagai media sosial selanyaknya wartawan profesial. Disela-sela menyampaikan materi tentang Jurnalisme Bapak Sukardjito menegaskan dalam membuat sebuah berita penulis harus memenuhi unsur 5W+1H selain itu menentukan judul berita adalah bagian terpenting dalam memuat sebuah berita. Seorang wartawan harus mengedepankan keakurasian data dalam memuat sebuah berita, menjaga etika, berperilaku baik, sopan, berteman baik, tidak nyampah (over posting), tambahnya. Setelah materi tentang Jurnalisme Warga telah selesai diberikan kepada peserta Bimtek, peserta di wajibkan membuat sebuah berita dengan tema Kopi Lampung.

Peserta BIMTEK tengah serius mengerjakan tugas membuat sebuah berita dengan tema Kopi Lampung. (Dokumentasi by pancamulya.desa.id)

 

Peserta BIMTEK tengah serius mengerjakan tugas membuat sebuah berita dengan tema Kopi Lampung. (Dokumentasi by pancamulya.desa.id)

Dengan di adakannya Bimtek Jurnalisme Warga diharapkan menjadikan warga sebagai pelaku jurnalistik (citizen journalism) dalam menyampaikan terkait pembangunan di Provinsi Lampung.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan