Blusukan di Kampung Panca Mulia, Camat Banjar Baru Layani Izin Usaha Mikro Gratis

Tim Pelayanan IUM Kecamatan Banjar Baru yang dipimpin langsung oleh Camat Banjar Baru Arianto,S.STP saat berkunjung ke salah satu Pelaku Usaha Mikro di Kampung Panca Mulia. Kamis (24/05)

pancamulya.desa.id, (24/05/2018) – Panca Mulia : Bukan rahasia lagi jika saat ini usaha kecil menengah (UKM) memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian Indonesia serta penyumbang terbesar bagi domestik bruto negara. Selain sebagai tulang punggung ekonomi, UKM juga membantu dalam hal penyerapan tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.

Terlepas dari berbagai kontribusi positif yang diberikan oleh UKM, usaha berskala kecil dan menengah ini kerap dilanda berbagai masalah, terlebih yang terkait dengan masalah perijinan. Banyak pelaku usaha yang masih belum mengetahui mengenai soal perizinan.

Menurut Peraturan Presiden RI Nomor 98 Tahun 2014 mengenai Perizinan untuk Usaha Mikro dan Kecil, menyatakan bahwa untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dibutuhkan pemberdayaan bagi pelaku UKM. Pemberdayaan tersebut dilakukan dengan memberikan izin kepada pelaku usaha mikro dan kecil secara sederhana.

Izin usaha mikro dan kecil (IUMK) adalah tanda legalitas bagi pelaku usaha berupa izin usaha mikro dan kecil. Pada bulan Februari 2015, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mempermudah pengurusan IUMK melalui lurah atau camat.

Camat Banjar Baru Arianto,S.STP berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayahnya. Bahkan untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat, dirinya terlihat seringkali blusukan ke kampung-kampung diwilayah Kecamatan Banjar Baru, untuk bertemu dan memberikan pelayanan langsung kepada masyarakatnya.

Sebagai upaya memberikan pelayanan yang maksimal dalam membuatkan surat Izin Usaha Mikro (IUM) bagi masyarakat yang bergerak di bidang usaha kecil dan menengah, tim Pelayanan IUM kecamatan Banjarbaru dipimpin Camat setempat berkunjung ke Kampung Panca Mulia, Kamis (24/05) dan langsung ke rumah-rumah masyarakat yang memiliki usaha mikro.

Tim Pelayanan IUM Kecamatan Banjar Baru yang dipimpin langsung oleh Camat Banjar Baru Arianto,S.STP saat berkunjung ke salah satu Pelaku Usaha Mikro di Kampung Panca Mulia.

“Untuk membuat IUM, syaratnya masyarakat menyiapkan fotokopi KTP, KK, NPWP dan photo ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar, dan IUM pun akan segera kami proses secara gratis,”. Ungkap Camat Banjar Baru di sela-sela mengunjungi pelaku usaha di Kampung Panca Mulia.

Dengan semua masyarakat yang bergerak di usaha mikro di Kampung Panca Mulia memiliki IUM Camat Banjar Baru Arianto,S.STP berharap hal ini bermanfaat sebagai bukti legalitas usaha masyarakat, serta IUM pun dapat dijadikan kelengkapan administrasi bagi masyarakat untuk mendapatkan bantuan permodalan dari perbankan dalam pengembangan usahanya.

Penyerahan Simbolis Dokumen IUM oleh Camat Banjar Baru Arianto,S.STP di dampingi Kepala Kampung serta Aparat Kampung Panca Mulia kepada Aster Motor, Kamis (24/05).

“Semoga IUM yang kami berikan bermanfaat dan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat Banjar Baru dalam mengembangkan usaha, maupun untuk meningkatkan kesejahteraannya, serta semoga di bulan suci Ramadhan ini, semua yang kita lakukan penuh barokah dan menjadi amal ibadah. Amin,” pungkas Camat Banjar Baru Arianto,S.STP. (ANP)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.